Kamis, 15 Oktober 2009

Lifestyle Masa Kini

Manusia hidup di bumi dengan berbagai macam budaya dan kepercayaan serta kebiasaan dan lingkungan yang berbeda-beda, itulah yang sebagian besar mempengaruhi gaya hidup masyarakat di dunia. Manusia dan kehidupannya yang memiliki lifestyle yang berbeda-beda memberi warna tersendiri dalam kehidupan didunia dan memberikan banyak pengaruh dalam merubah wajah dunia.
Lifestyle memiliki perang yang sangat penting dalam kehidupan manusia, dan lifestyle itu sendiri saling mempengaruhi satu sama lain seperti Blues dan Country yang memberikan pengaruh besar kepada berkembangnya era musik Rock n Roll dan Budha yang kepercayaannya diserap oleh kaum phsycedelic hippies di tahun 70an, karena itulah lifestyle dan kebiasaan seseorang tidak bisa dianggap remeh, karena dapat memberikan pengaruh besar dalam merubah wajah dunia.

FROZEN YOGHURT

Sudah sekitar 1 tahun ini Surabaya diserang demam frozen yoghurt atau biasa dikenal dengan sebutan Froyo, stan-stan frozen yoghurt yang mulai menyerbu di mal-mal saling bersaing untuk mendapatkan konsumen, berlomba memberikan rasa yang lebih enak.

Frozen yoghurt sendiri sebenarnya adalah minuman kesehatan yang berupa susu yoghurt, yaitu susu yang telah difermentasi sehingga rasanya asam dan sedikit kecut. Dimulai dari rasa yang tidak enak inilah seseorang menemukan cara agar yoghurt ini menjadi camilan yang sehat dan nikmat, dengan membuat yoghurt ini menjadi es dan mencampurkan topping seperti buah-buahan dan sereal serta cokelat, frozen yoghurt juga dikemas dengan bagus sehingga menarik perhatian orang.

Di surabaya sendiri frozen yoghurt memiliki banyak penggemar termasuk Ricky di kelompok kami, akhirnya banyak juga bermunculan cafe-cafe yang menyediakan frozen yoghurt seperti di J.CO dan Sour Sally. Salah satu mall di Surabaya yaitu Tunjungan Plaza atau biasa disebut TP menyediakan banyak sekali outlet-outlet yang menjual aneka macam Frozen Yoghurt, di lantai 5 TP 3 kita bisa menjumpai outlet yang bernama vivi vrutch dan Ice Blue, Vivi vrutch menyediakan beraneka macam menu frozen yoghurt ada 6 menu yoghurt yang bisa dinikmati di outlet Vivi Vrutch, sedangkan Ice Blue sendiri memiliki sensasi yang segar dengan menawarkan yoghurt low Sugar dan Non Fat jadi para orangtua tidak perlu ragu lagi untuk menikmati makanan ini. Turun dilantai 3 kita bisa menemui outlet yang saat ini cukup dikenal orang yaitu Sour Sally dan J cool, kedua outlet ini juga menyediakan menu yoghurt yang bervariasi dengan harga yang terjangkau.

Frozen Yoghurt menjadi salah satu kuliner yang dinikmati masyarakat Indonesia saat ini mulai dari anak-anak sampai orangtua terutama dari kalangan anak muda. Bahkan anak muda kota saat ini akan merasa ketinggalan jaman kalau belum pernah mencoba Frozen Yoghurt.


NONGKRONG DI CIRCLE- K

Salah satu trend lifestyle yang sedang naik daun dan menjadi kebiasaan anak muda saat ini khususnya laki-laki adalah “nongkrong” di Circle-K (CK). Circle-K adalah franchise mini market internasional. Sebenarnya hal ini sudah menjadi lifestyle terdahulu di Jakarta,Bandung,Yogyakarta,dan Bali, namun CK sendiri baru sekitar 2 bulanan hadir di Surabaya. Akhirnya Surabaya pun juga mengikuti lifestyle tersebut. Seperti pada kota-kota lainnya CK ramai pada malam hari (pukul 21.00 keatas), banyak muda-mudi yang berkumpul untuk sekedar share dan berbincang-bincang di teras CK, tentunya dengan ditemani snack dan minuman yang di beli di CK tersendiri. Dengan adanya lifestyle ini, muncul juga keadaan dimana bir menjadi hal yang wajar untuk di konsumsi oleh semua golongan. Padahal sebelumnya sudah banyak bermunculan alfamart maupun indomart, tetapi karena masalah gengsi maka tidak ada yang “nongkrong” di tempat tersebut. Di Surabaya sendiri CK sudah beredar diberbagai tempat, salah satunya didaerah Mulyosari. Circle-K Mulyosari sering terlihat ramai oleh anak muda, banyak sekali anak-anak muda yang nongkrong diteras CK salah satunya dari kumpulan mahasiswa Despro ITS. Pada malam hari mereka sering berkunjung ke CK hanya untuk membeli snack dan sedikit minuman untuk camilan waktu nonkrong diteras CK. Circle menjadi tempat yang asyik dijadikan nongkrong karena fasilitas dan tempatnya yang bagus.

BLACKBERRY

Komunikasi adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan ini. Semakin banyak alat telekomunikasi yang sudah tercipta, mulai dari telepon hingga internet. Saat ini banyak terjadi pergeseran dari fungsi utama alat telekomunikasi tersebut. Menjamurnya smartphone disertai tingginya aktifitas pengguna internet di Indonesia menjadi sebuah hal yang fenomenal. Bersamaan dengan pengguna facebook (sebuah situs jejaring sosial) yang terus bertambah, keinginan masyarakat untuk terus mengupdate keseharian mereka di situs tersebut membuat sebuah produk smartphone ber merk ” blackberry ” menjadi tren baru disekitar kita. Online dari blackberry menjadi sebuah tren baru. Penjualan black berry meningkat drastis, semakin banyak orang-orang yang beralih menggunakan blackberry yang harganya tidak murah. Fenomena ini juga terbaca oleh perusahaan penghasil smartphone yang lain, dengan memproduksi smartphone yang lebih terjangkau oleh masyarakat. Dan saat ini telah banyak pengguna smartphone tiruan blackberry.

BATIK

Ragam corak dan warna Batik dipengaruhi oleh berbagai pengaruh asing. Awalnya, batik memiliki ragam corak dan warna yang terbatas, dan beberapa corak hanya boleh dipakai oleh kalangan tertentu. Namun batik pesisir menyerap berbagai pengaruh luar, seperti para pedagang asing dan juga pada akhirnya, para penjajah. Warna-warna cerah seperti merah dipopulerkan oleh Tionghoa, yang juga mempopulerkan corak phoniex. Bangsa penjajah Eropa juga mengambil minat kepada batik, dan hasilnya adalah corak bebungaan yang sebelumnya tidak dikenal (seperti bunga tulip) dan juga benda-benda yang dibawa oleh penjajah (gedung atau kereta kuda), termasuk juga warna-warna kesukaan mereka seperti warna biru. Batik tradisonal tetap mempertahankan coraknya, dan masih dipakai dalam upacara-upacara adat, karena biasanya masing-masing corak memiliki perlambangan masing-masing.

Batik sebenarnya sudah lama ada dan dipakai masyarakat Indonesia khususnya saat menghadiri kondangan dan dipakai anak sekolahan pada waktu hari jum’at dan sabtu (waktu jamanku sekolah dulu gitu). Tetapi batik akhir-akhir ini mulai menjadi “IN” semenjak Malaysia atau yang lebih dikenal sebagai Malingsial mengklaim corak batik asal Indonesia dan Indonesia memenangkan klaim tersebut dan batik tulis ditetapkan sebagai salah satu World Culture Heritage oleh UNESCO pada tanggal 2 Oktober 2009 lalu, para anak muda-mudi Indonesia lalu beramai-ramai memakai batik pada hari itu (termasuk saya dan teman-teman juga) untuk merayakan kejadian tersebut, mulai batik yang didesain menjadi tas sampai celana dalam pun ada, karena itu kita memasukkan batik sebagai salah satu lifestyle yang lagi musim saat ini.

INDIE BAND

Wah…berbicara tentang band Indie kelihatannya merupakan pilihan yang tepat untuk dijadikan tren saat ini, yang dapat dilihat dari mulai ramainya band-band indie dan band-band indie abal-abal yang lagi naik daun. Di Surabaya sendiri band-band indie mulai marak dan digandrungi oleh muda-mudi di kota ini, bahkan para pelajar sma mulai merintis membentuk band untuk ikut serta di local gigs di kotanya. Seperti halya salah satu band yang lagi naik daun dan sering main di local gigs di Surabaya yaitu “Deskripsi Sebuah Mahasiswa” atau yang biasa dikenal dengan D.S.M, band yang satu ini yang beraliran “Hewani Thrash Metal Cepat Saji” karena durasi lagunya yang sangat pendek, menjadikan band yang satu ini disukai oleh muda-mudi Surabaya khususnya mahasiswa dan pelajar ada satu lagi band yang semanajemen dengan D.S.M dan juga tidak kalah gila yaitu “Egon Spengler”, band yang satu ini beraliran Rock Cadas dan Liar sehingga membuat yang mendengarkan lagu-lagu mereka terpacu adrenalinnya, sehingga dapat membuat mereka berjingkrak-jingkrak bersama.Kedua band ini sekarang mulai naik daun di Surabaya.

Indie Band sendiri merupakan sebuah jalan untuk mereka yang ingin menyuarakan aspirasi dan pemikiran mereka yang oleh orang lain dinilai “berbeda dan lain”, Indie band tidak sama dengan band-band mainstream yang ada di televisi pada umumnya, band-band indie pada umumnya memiliki komunitas sendiri dalam pergaulannya (seperti Punk dan Hardcore), tetapi tidak menutup juga pergaulan dari luar komunitas mereka. Komunitas ini yang menyebabkan tren-tren tersendiri dalam kehidupan muda-mudi, mulai dari cara berpakaian dan berpikir sehingga mereka kerap dianggap berbeda dari orang-orang pada umumnya.Untuk saat ini band-band indie di Indonesia menurut kualitas bermusik mereka sudah bagus dan bisa disejajarkan dengan band-band luar negeri (teman saya saja ada yang diundang main di Belgia! Ck..ck..ck..).tetapi lagi-lagi masih kurang didukung oleh perusahaan-perusahaan rekaman karena menurut mereka band-band indie dianggap kurang menjual dan tidak memiliki nilai komersial dalam lagu-lagunya, karena itu sangat susah bagi band-band indie untuk berkembang dan masuk dapur rekaman karena terbatasnya dana.

KESIMPULAN

Lifestyle atau gaya hidup di masyarakat memiliki peran penting dalam perubahan wajah dunia, karena perbedaan dan keragaman kultur budaya yang dicampur dapat membuat kebudayaan dan kebiasaan baru dalam masyarakat.

Lifestyle atau gaya hidup muncul karena adanya kebudayaan, pengaruh lingkungan, kemajuan tekhnologi dan inovasi dalam kehidupan bermasyarakat.Sehingga memunculkan sebuah kebiasaan baru atau yang biasa disebut sebagai trendsetter yang kemudian diikuti oleh masyarakat.Diperlukannya perbedaan gaya hidup manusia adalah sebagai pewarna dalam kehidupan bermasyarakat agar tidak monoton dan membosankan, dan juga agar setiap umat manusia dapat hidup berdampingan dalam perbedaan kultur dan budaya yang ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar